Bentuk Jiwa Nasionalisme Dan Patriotisme, SMPN Tirtamulya Rutin Laksanakan Kegiatan Upacara Bendera

Foto : Siswa SMPN Tirtamulya yang sedang melaksanakan upacara bendera hari Senin

KARAWANG |Infokeadilan.com – Senin 29/4/2024 Sekolah Menengah Pertama Negeri Tirtamulya laksanakan kegiatan rutin upacara bendera. Upacara bendera merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh siswa-siswi SMPN Tirtamulya setiap hari Senin sebagai  wujud kecintaan terhadap negara kesatuan Republik Indonesia,sekaligus mengenang para pahlawan, yang telah berjuang untuk mengibarkan bendera merah putih.

Upacara bendera menjadi bagian dari interaksi edukatif, sekain itu upacara bendera  juga menjadi termasuk salah satu instrumen atau alat yang cukup efektif untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai positif serta upaya mengaktualkan potensi. Dalam upacara bendera sederet acara digelar yang semuanya bermuara pada kedisiplinan dan jiwa nasionalisme.

Upacara bendera mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Apa yang kita rasakan pada saat pengibaran bendera, tentunya hati anda akan bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya. Di sanalah terlihat bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Upacara bendera mengajarkan kepada kita tentang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat para peserta upacara mengenal akan sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme.

Foto : Hj. Heni Supeni S.Pd Pembina OSIS SMPN Tirtamulya saat sambutan

Pembina OSIS SMPN Tirtamulya Hj. Helni Supeni S.Pd sekaligus sebagai bertindak sebagai Inspektur upacara mengawali sambutannya dengan menyampaikan terima kasih dan memberikan koreksi dan apresiasi kepada para petugas upacara bendera.

“Alhamdulillah dapat saya katakan bahwa pelaksanaan upacara hari ini cukup baik dibandingkan dengan upacara-upacara sebelumnya, semoga kegiatan rutin upacara bendera kedepan bisa lebih baik lagi. pembaca undang-undangnya bisa lebih mantap lagi, regu penyanyinya bisa lebih baik lagi dan seluruh aspek utama peserta upacaranya juga bisa lebih tertib.” Ucapnya.

“Perlu di ketahui upacara hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan serta jiwa nilai nasionalime dan nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan dan tata upacara bendera.” Terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Hj. Helni Supeni S.Pd memaparkan juga tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan membiasakan hidup bersih. Menjaga ketertiban lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan disiplin menaati peraturan sekolah.

 

•Edo Bahar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *