Ciptakan Kedisiplinan Bagi Siswa, SMAN 3 Karawang Terapkan Program Dan Kegiatan Unggulan

KARAWANG | INFOKEADILAN.COM | Di ketahui program Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di setiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga ke jenjang sekolah Lanjutan yakni SMPN/SMPS, SMKN/SMKS maupun SMAN merupakan salah satu program wajib yang harus di laksanakan oleh setiap sekolah.

Seperti halnya yang di lakukan oleh SMAN 3 Karawang, selain melaksanakan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sisi lain SMAN 3 Karawang juga mempunyai kegiatan program-program unggulan di terapkan kepada seluruh siswa siswi.

Bidang kesiswaan SMAN 3 Karawang Nurdin Sidik, saat di temui awak media mengatakan, terkait kegiatan rutinitas bagi seluruh siswa dan guru yang ada di lingkungan SMAN 3 Karawang merupakan salah satu program atau kegiatan yang di wajib di lakukan oleh peserta didik sebelum proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di lakukan, bahkan pelaksanaanya ada pula setelah proses belajar mengajar.

“Kalau kegiatan rutinitas SMA 3 Karawang di hari Senin pagi itu jelas upacara bendera, karena ini merupakan kegiatan wajib bagi siswa. Siswa masuk sekolah diharuskan pada pukul 06.45 WIB, sudah ada di lingkungan sekolah.
Kemudian di lakukan rutinitas yang biasa di lakukan setelah itu, yaitu tadarus shalat Dhuha, dan nanti di siangnya salat Dzuhur.” Ucapnya kepada awak media, Senin (28/8/2023)

“Selain untuk kelas 10 itu kita ada program jam wajib, yaitu ROMS wajib yaitu program penambahan jam keagamaan yang merupakan pembiasaan. Pengajarnya ada dari guru ada juga dari luar atau dari eksternal. Kemudian ada tutor sebaya atau istilahnya bergantian selama 1 bulan dalam pembelajaranya. Adapun pemebelajaranya yaitu tentang pembelajaran keagamaan, dakwah, pengajian dan lain sebagainya.
Kemudian di hari Selasa itu hanya kegiatan ekstrakurikuler. Akan tetapi seperti biasa kegiatan awal di pagai hari yakni shalat Dhuha itu tetap di laksanakan. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMAN 3 Karawang ini, Bola Voli, Pencak Silat, dan Paskibra.” Ungkapnya.

Foto : Nurdin Sidik Bidang Kesiswaan SMAN 3 Karawang

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, bahwa saat ini ada dua kegiatan yakni di siang hari yang di laksanakan 1 jam sebelum pulang. Kegiatan tersebut adalah Pramuka dan bela diri pencak silat. Kegiatan tersebut wajib di ikuti oleh kelas X dan kelas XI secara bergantian. Selain rohaninya yang tersentuh namun fisiknya juga minimal lebih bugar.

Selanjutnya di hari Jumat kami mengadakan program literasi. Program literasi tersebut di antaranya, literasi kependudukan, literasi novel, dan juga Jumat bersih, Jumat sehat, dan Jumat religi.
Di samping itu kami saat ini sudah menerapkan program-program kegiatan cukup banyak yang di berikan kepada seluruh siswa siswa di lingkungan SMAN 3 Karawang.
Semoga dengan lebih banyaknya program-program kegiatan ini akan bisa menjadikan siswa siswi lebih disiplin dan taat peraturan. Selain itu agar mempunyai karakter yang baik bagi lingkungan masyarakat.” Pungkasnya.

 

 

(U.S/Red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *