Berita  

Demi Kelancaran Pelaksanaan Pemilu 2024, Panwaslu Kecamatan Cikarang Timur Gelar Press Release Pengawasan Kampanye

BEKASI | INFOKEADILAN.COM | Dalam rangka meningkatkan pengawasan kampanye pemilu tahun 2024, untuk terciptanya Demokrasi yang Jurdil dan bermartabat (Panwaslu) Kecamatan Cikarang Timur gelar Press Realese Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pengawasan Kampanye yang bertempat di Saung Dewi Kp. Selang Desa Cipayung Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi, Sabtu (27/1/2024)

Hal tersebut tentunya sebagaimana himbauan dari ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, bahwa Panwaslu di setiap Kecamatan di arahkan untuk mengamankan dan melancarkan proses tahapan masa kampanye menuju pemilu nanti, sehingga bisa berjalan aman dan lancar.

Dalam kegiatan rapat tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Sekertariat Panwascam H. Aris Sadikin Asnawi, SE. MM.

Selanjutnya yang menyampaikan pemaparan terkait teknis yang disampaikan oleh Ketua Panwascam Cikarang Timur Eneng Hikmatul Fajriah, dan didampingi komisioner lainnya. Suhendra Jaya Kusuma Divisi Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas, serta Warsidi Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa.
Ketua Panwaslu Kecamatan Eneng Hikmatul Fajriah sebelumnya memberikan arahan kepada jajaran Panwaslu Kecamatan dan pengawas Kelurahan/Desa ( PKD ) dalam mengawasi pelaksanaan kampanye pemilu 2024 sesuai dengan prosedur.

Eneng Hikmatul Fajriah menyampaikan,” terkait jadwal kampanye itu merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial, karena aturan kampanye telah diatur sesuai dengan PKPU No.15 Tahun 2023, dan tugas pengawas harus memastikan itu, selain itu jajaran Panwascam dan PKD juga harus memastikan pelaksanaan jadwal kampanye, yang dibolehkan dan yang tidak selama 50 hari masa kampanye terbuka dan 25 hari kampenye melalui Media Sosial.

“Selama masa kampanye yang di mulai pada tanggal 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024, yang di mulai dari pertemuan terbatas, Pertemuan tatap muka, Bahan penyebaran kampanye ke umum, Pemasangan alat peraga kampanye, Debat Paslon Capres – Cawapres dan media sosial. Sedangkan pada tanggal 21 Januari sampai 10 Februari 2024 kampanye rapat umum, Iklan media cetak, media massa cetak, media elektronik dan media bold.

Dan sejauh ini jadwal tahapan kampanye secara spesifik sudah ada beberapa titik, termasuk Bimbimngan Teknis untuk para saksi dari partai tertentu. Proses pengawasan kampanye dalam Pemilu Tahun 2024 akan semakin terarah sesuai dengan aturan pengawasan, dan Alhamdulillah pengawasan kampanye sampai hari ini berjalan lancar, mudah-mudahan pemilu mulai dari tingkat nasional hingga tingkat Daerah tidak ada kendala apapun.” Tutur Nya

Sementara itu Warsidi menegaskan, ” Tidak ada pembiaran pada setiap pelanggaran yang terjadi pada masa kampanye ini. Dan bilamana masyarakat diseputaran kecamatan Cikarang Timur melihat adanya pelanggaran di masa kampanye, maka jangan segan segan untuk melaporkan ke Bawaslu, Panwascam atau ke PKD. Andai ada yang terjadi hal yang melanggar, akan dipastikan setiap pelanggaran itu, akan kita tindak tegas.

Suhendra Jaya Kusuma Divisi Hukum, Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas menambahkan. ” Berdasarkan UU nomer 7 tahun 2017 pasal 280 ayat 2 dan 3 disebutkan berbagai pihak yang dilarang ikut serta sebagai pelaksana dan tim kampanye pemilu, yaitu Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, TNI/Polri, serta Aparatur Sipil Negara (ASN).”Pungkas Suhendra Jaya Kusuma dalam gelar Press Realese Panwaslu Kecamatan Cikarang Timur.

 

•D/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *