Dukung Siswa Untuk Lebih Maju, SMAN 1 Rawamerta Lakukan Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi Di Karawang

KARAWANG | INFOKEADILAN.COM | Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan sesorang. Pendidikan lah yang menentukan dan menuntun masa depan dan arah hidup seseorang. Walaupun tidak semua orang berpendapat seperti itu, namun pendidikan tetaplah menjadi kebutuhan manusia nomor satu.

Mengejar pendidikan adalah salah satu aspek terpenting dalam kehidupan. Pendidikan adalah apa yang memberdayakan kita. Ini memberi kita pengetahuan tentang dunia dan memungkinkan kita untuk mengalami hidup dalam semua warna yang indah. Seseorang tidak dapat benar-benar menikmati hidup tanpa mengetahui keajaiban di sekitarnya.

Pendidikan memungkinkan seseorang untuk menjadi lebih terinformasi tentang keadaan dunia di sekitar mereka, sehingga mereka dapat terlibat dalam komunitas mereka atau bahkan membantu mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim. Pendidikan juga dapat memberdayakan individu dengan pengetahuan yang memberi mereka kekuatan atas diri mereka sendiri dan orang lain. Pentingnya pendidikan terlihat dalam setiap aspek kehidupan, dan sangat penting bagi pertumbuhan suatu bangsa.

Seperti halnya yang di lakukan oleh SMAN 1 Rawamerta Karawang yang memberikan kesempatan kepada siswa kelas 12 yang berkeinginan melanjutkan pendidikanya ke jenjang universitas.

Kepala sekolah SMAN 1 Rawamerta Epul Saepul ketika di tanya awak media di ruanganya perihal pendidikan bagi siswanya setelah lulus nanti menyampaikan,” SMAN 1 Rawamerta pada hari Rabu tanggal 13 September 2023 melaksanakan sosialisasi kampus universitas untuk siswa kelas 12, tujuannya adalah untuk memotivasi anak agar bisa menentukan pilihan setelah nanti lulus.” Ucapnya, Kamis (14/9/2023)

“Untuk yang sudah duduk kelas 12, di beberapa kampus universitas yang ada di Karawang kita sudah bekerjasama dalam rangka mensosialisasikan program penerimaan mahasiswa baru. Karena di Kabupaten Karawang ada beberapa kampus universitas swasta yang selalu Intens setiap tahunnya melakukan sosialisasi kepada kelas 12 di tingkat SMAN dan SMKN bahkan termasuk Unsika juga sama sering melaksanakan kegiatan sosialisasi tersebut di SMAN 1 Rawamerta ini. Dan pada hari kemarin yang datang ke sekolah yaitu Horison University, ada beberapa tim juga yang hadir waktu itu.” Ungkapnya.

Lebih jauh pihaknya menjelaskan,” terkait dengan program-program penerimaan mahasiswa baru di kampus tersebut kalau melihat di tahun ini anak-anak sangat antusias dengan sosialisasi tersebut, karena kampus ini pun memberikan tawaran beasiswa bagi warga Karawang yang memang tidak mampu, dan juga yang berprestasi. Terlihat anak-anak sangat antusias karena biaya pendidikan di perguruan tinggi menurut mereka sepertinya tinggi, namun dengan adanya tawuran beasiswa mereka sangat berminat.” Jelasnya.

“Kami di SMAN 1 Rawamerta selalu mendorong anak untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, baik ke negeri maupun swasta, agar ke depan bahwa mutu lulusan-lulusan dari SMAN 1 Rawamerta juga bisa diterima di perguruan tinggi negeri dan swasta.

Sebab ke depan anak-anak kita atau putra-putri bangsa kita yang lulus hanya SMA itu sulit untuk diterima baik bekerja di perusahaan atau di instansi pemerintah, karena saat ini lulusan sekolah menengah itu peluang bekerjanya sangat sedikit. Akan tetapi kalau sudah lulus sampai perguruan tinggi maka peluang kerjanya banyak dan juga bisa membuka peluang kerja kepada yang lain.” Pungkasnya.

Semoga putra-putri kami bisa melanjutkan keperguruan tinggi baik negeri maupun swasta, walaupun kita tahu masyarakat Rawamerta ini masih pada posisi masyarakatnya menengah ke bawah, tetapi kami selalu memotivasi dengan memberikan dorongan agar anak tidak putus asa karena biaya pendidikan di perguruan tinggi, padahal itu sebenarnya tidak terlalu tinggi, apalagi saat ini ada peluang untuk mendapatkan beasiswa, terima kasih.” Tutupnya.

 

(U.S/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *