Hindari Terjadinya Inflasi Pemkab Karawang Gerak Cepat Laksanakan Sosialisasi

KARAWANG | INFOKEADILAN.COM | Guna menghindari terjadinya inflansi pemerintah bergerak cepat melaksanakan sosialisasi dan sidak langsung kelapangan. Kali ini sosialisasi di lakukan di daerah Kabupaten Karawang tepatnya di Gedung Serbaguna Bintang Maruli, Jl. Raya Syeh Quro Palumbonsari Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang, Sabtu (24/6/2023)

Bersama Forum Edukasi Publik sinergi inovasi dalam menjaga stabilitas harga dan ketahanan pangan Kabupaten Karawang.

Adapun dampak dari penyebab inflasi lainnya yakni adanya peningkatan biaya produksi, bertambahnya uang yang beredar di masyarakat, dan ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran.

Dampak inflasi sendiri seringkali identik dengan efek negatif karena kenaikan harga barang sehingga membuat daya beli masyarakat menurun, terutama masyarakat berpendapatan menengah ke bawah.

Inflasi yang tinggi akan menyebabkan pendapatan riil masyarakat akan terus turun sehingga standar hidup dari masyarakat turun dan akhirnya menjadikan semua orang, terutama orang miskin, bertambah miskin.

Perhitungan inflasi dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di Indonesia. BPS melakukan survei untuk mengumpulkan data harga dari berbagai macam barang dan jasa yang dianggap mewakili belanja konsumsi masyarakat. Data tersebut kemudian digunakan untuk menghitung tingkat inflasi dengan membandingkan harga-harga saat ini dengan periode sebelumnya.

Pada kesempatan tersebut, Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Karawang, atas keberhasilannya dalam menjaga kestabilan harga bahan pangan pokok

“Kami sempat hadir untuk melihat langsung kondisi kestabilan harga bahan pokok dan lainnya di Pasar Johar Karawang,sebelum kami hadir dalam acara ini dan kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Karawang yang telah serius memperhatikan kestabilan harga bahan pokok di pasaran,”ujar Jerry.

Acara tersebut sebut diselenggarakan oleh Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) DPD Partai Golkar dan dihadiri oleh Putri Komarudin yang mewakili pemerintah pusat, Sri Rahayu Agustina, mewakili pemerintah provinsi dan Napak hadir Cellica Nurrachadiana Bupati Karawang yang sekaligus mewakili Pemda Karawang dalam acara ini yang sukses berkoordinasi dalam mengontrol ketersediaan pangan.

(Ltf/Bodong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *