Berita  

Kembangkan Dan Tingkatkan Sektor Usaha, Ekraf Karawang Gelar Kegiatan FGD 

KARAWANG | INFOKEADILAN.COM | Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Karawang mengadakan giat FGD (Forum Group Discussion) dengan bahasan Program Ekonomi Kerakyatan tahun 2023 yang berlangsung di Aula 1 Bappeda Kabupaten Karawang.

Acara ini di hadiri oleh jajaran pimpinan Bappeda, perwakilan 12 kepala dinas dan seluruh pengurus Komite Ekraf, Rabu, (04/10/2023).

Komite Ekraf merupakan lembaga nonstruktural yang dibentuk untuk membantu pelaksanaan ekonomi kreatif. Dengan anggota para pelaku, akademisi, praktisi dan media, mereka diharapkan ikut merencanakan serta mendampingi pelaku ekonomi kreatif di lapangan.

Pengembangan ekonomi kreatif, mengacu dalam Peraturan Daerah Kabupaten Karawang nomor 4 tahun 2022, yang menimbang dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Ketua Komite Ekraf Karawang, Rahmat Wiguna dalam kesempatannya mengatakan, “Adanya pengembangan ekonomi kreatif di Karawang, bertujuan untuk pengembangan sektor usaha ekonomi kreatif yang perlu didukung melalui upaya pengembangan dan pemberdayaan untuk meningkatkan kemampuan dibidang manajemen, permodalan, teknologi, jiwa kreatif,” katanya.

Kabupaten Karawang memiliki potensi yang sangat besar, pengembangan pembangunan ekonomi kreatif dapat di lakukan diberbagai sektor seperti pariwisata, industri, pertanian dan lainnya. perkembangan pembangunan juga terlihat berjalan pesat dimana saat ini ada lima proyek strategis nasional berjalan, seperti kereta api cepat, PLTGU Cilamaya, PAM Jatiluhur, Tol Japek, dan Pusat Bank Indonesia.

“Potensi besar Kabupaten Karawang harus juga diikuti dengan kerja keras ditambah kolaborasi seluruh jajaran. Sehingga tujuan besar dari pengembangan dan pembangunan ekonomi kreatif dapat tercapai dan berdampak luas bagi masyarakat”. jelas Bappeda dalam sambutannya

Foto : Saat Kegiatan FGD berlangsung di aula kantor Bappeda Karawang

Komite Ekraf Karawang mencatat ada 17 sektor pengembangan ekonomi kreatif di Karawang antara lain, seni pertunjukan, kuliner, kriya, fashion, fotografi, film dan videografi, DKV, game, arsitektur, penerbitan, periklanan, seni rupa, musik, tv dan radio, desain produk, desain interior, aplikasi semua merupakan asli pemuda Karawang.

Hal ini bila berjalan dengan terencana dan berkesinambungan akan membawa kemajuan dan peningkatan ekonomi masyarakat sehingga Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi ini, dapat memberikan kekuatan baru untuk mengerakan ekonomi kreatif Kabupaten Karawang.” Tutupnya.

 

(U.S/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *