Lestarikan Budaya Asli Indonesia, Unsika Karawang Gelar Kompetisi Pencak Silat Tingkat Nasional

KARAWANG | INFOKEADILAN COM | Bertempat di GOR Panatayudha Karawang guna melestarikan seni dan budaya warisan asli Indonesia, Unsika Karawang laksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan gelar kompetisi pencak silat tingkat nasional, Sabtu (9/9/2023)

Ketua kompetisi pencak silat tingkat nasioanal Ardawi Sumarno saat di temui awak media mengatakan bahwa kami Unsika dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,  gelar kompetisi pencak silat tingkat nasional  untuk pelestarian budaya dan menjaga warisan asli Indonesia,”Tegasnya.

“Makanya Unsika berkomitmen dan berharap dalam  pelestarian pencak silat ke depan harus lebih di lestarikan lagi dan ini merupakan warisan asli Indonesia yang sudah ada dari nenek moyang kita dahulu.

Adapun kompetisi kegiatan yang kita laksanakan ini adalah tingkat nasional dengan jumlah peserta 800 orang kurang lebihnya 813 orang, yang di ikuti oleh 6 Provinsi dengan  jumlah kontingen yang mengikuti kompetisi sebanyak 63 kontingen,”Ungkapnya.

“Untuk kegiatan kompetision sendiri sudah rutin dilaksanakan menjadi agenda rutin kampus. Gelaran kompetisi ini merupakan pelaksanaan yang kedua kalinya, untuk yang pertama kami adakan di tahun 2022, dan itu merupakan jilid pertama, dan untuk jilid yang kedua ini kami adakan di GOR Panatayuda Kabupaten Karawang, “Terangnya.

“Dan yang paling utama dilaksanakan kegiatan ini yang juga merupakan komitmen Unsika untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah pengabdian terhadap masyarakat, adapun pengertian kepada masyarakat yang mana kita melakukan sinergitas untuk menjaga budaya warisan asli Indonesia,”Tandasnya.

“Kemudian bagi masyarakat ini salah satu kepedulian kami selaku mahasiswa, dan ini sebagai wujud sinergitas  pengabdian Unsika dalam program pendidikan di bidang olah raga dan budaya,”Tegasnya.

“Makanya Unsika berkomitmen dan kita berharap pelestarian pencak silat ke depan akan terus dilaksanakan karena ini adalah warisan dari nenek moyang kita yang harus dilestarikan oleh kita sendiri. Adapun di Universitas sendiri memiliki Perguruan Pencak Silat dari berbagai perguruan pencak silat yang ada di Indonesia, artinya kami sebagai salah satu wadah guna menjaga kelestarian budaya asli Indonesia,” Pungkasnya.

 

(U.S/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *