Berita  

Merupakan Saksi Sejarah Kemerdekaan Bangsa Indonesia, Asep Berharap Rengasdengklok Lebih Di Tata Dan Di Perhatikan

KARAWANG | INFOKEADILAN.COM |  Mengenang sejarah bangsa dimana peristiwa sebelum di kumandangkannya kemerdekaan Republik Indonesia kala itu. Rengasdengklok adalah satu-satunya yang menjadi tempat musyawarah antara para pemuda Rengasdengklok yang menculik dan mendesak Presiden Soekarno dan Muhammad Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Hal itu di benarkan oleh Asep selaku Kasi Trantib Desa Kalangsari Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang, menurutnya bahwa Rengasdengklok termasuk salah satu kota pangkal perjuangan dan sebagai saksi sejarah kemerdekaan Republik Indonesia.

“Rengasdengklok merupakan salah satu saksi sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia dan termasuk salah satu kota pangkal perjuangan, menurut kami Rengasdengklok ini akan lebih bagus jika mempunyai salah satu gerbang atau gapura sebagai pintu masuk ke monumen tugu kebulatan tekad, tepatnya di ujung perbatasan Desa Kalangsari sebagai simbol masuk ke area kota Rengasdengklok Raya.” Ucapnya kepada awak media, Senin (27/11/2023)

Lebih lanjut Asep menjelaskan, mengenai pintu masuk atau gapura tersebut sebagai tanda titik perbatasan wilayah Kecamatan.

“Gerbang pintu masuk atau gapura ini nantinya merupakan sebagai tanda titik perbatasan antar kecamatan Rengasdengklok dan Kecamatan Karawang Barat. Namun bukan hanya sebagai gapura perbatasan saja akan tetapi itu bisa menjadi simbol, bahwa ini adalah Rengasdengklok kita semuanya. Merupakan kota sejarah dimana ada peristiwa bermakna bagi bangsa Indonesia.” Jelasnya.

“Dan untuk akses jalan menuju ke Rengasdengklok monumen tugu kebulatan tekad kalau bisa di perbaiki atau lebih di perlebar, demi terciptanya rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalan.” Ujarnya.

Terlepas daripada itu untuk titik lokasi di sekitar monumen tugu kebulatan tekad agar bisa lebih di tata dan di rapihkan lagi, sehingga keindahan di area Bojong tugu bisa lebih asri seperti sedia kala pada awal di bangunnya ruang terbuka hijau.” Tandasnya.

Terkait dengan hal ini kami berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, Pemerintah Provinsi dan kepada Pemerintah Pusat, serta kepada para anggota dewan DPRD Karawang dan Provinsi atau DPR RI serat pihak terkait agar bisa lebih memperhatikan dan memprioritaskan Rengasdengklok, sehingga Rengadengklok yang menjadi pangkal perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia ini bisa lebih di tata lagi dari berbagai hal. “pungkasnya.

“Karena walau bagaimana pun Rengasdengklok merupakan satu Icon sejarah kota pangkal perjuangan sebagaimana di gambarkan oleh monumen tugu kebulatan tekad. Dan ini jelas kalau tidak ada peristiwa Rengasdengklok dimana pada tanggal 16 Agustus 1945 Presiden Soekarno dan Muhammad Hatta di culik para pemuda dan di bawa ke Rengasdengklok dan di minta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia, maka tidak akan ada kemerdekaan yang hakiki.” Tegasnya

“Jadi Rengasdengklok adalah salah satu Icon kota sejarah yang memiliki tugu monumen kebulatan tekad, yang tidak di miliki oleh kota-kota lain.” Tutupnya.

 

•Sep/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *