Peran Penting Kegiatan Ekskul Di Sekolah, Begini Kata Epul Saepul

KARAWANG | INFOKEADILAN.COM |Ekstrakurikuler (Ekskul) merupakan wadah dan kegiatan bagi anak sekolah yang sangat ditunggu. Karena di kegiatan tersebut anak sekolah akan belajar banyak, mulai dari organisasi hingga menyalurkan bakat mereka yang secara terus menerus di asah.

Seperti halnya kegiatan ektra kurikuler yang ada di SMAN 1 Rawamerta Karawang.

Menurut Epul Saepul selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Rawamerta Karawang bahwa, pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa, baik kemampuan kognitif, afektif, maupun psikomotor.

“Kegitan ekskul tersebut untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif.
Adapun tujuan dari kegiatan ekskul tersebut adalah untuk memberikan gambaran tentang bagaimana membentuk karakter siswa yang di bangun secara baik,” Ucapnya kepada awak media, Selasa (11/7/2023)

Lebih lanjut Epul menjelaskan, kegiatan ekskul memiliki beberapa fungsi, yaitu mengembangkan kemampuan dan kreativitas pelajar sesuai dengan potensi, bakat, dan minat serta memiliki fungsi sosial, yakni untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial siswa.

Terlepas daripada itu Epul menambahkan terkait dengan kegiatan ekstra kurikuler di SMAN 1 Rawamerta Karawang yang sudah berjalan selama ini meliputi, kegiatan ekskul religi, futsal, seni beladiri, Paskibra, Pramuka, PMR, kesenian tradisional, dan lainya.

Dengan kegiatan ekskul yang ada di sekolah SMAN 1 Rawamerta Karawang ini, diharapkan kedepan sekolah mampu menciptakan dan membentuk karakter siswa yang sesuai dengan bakat dan minat siswa itu sendiri.

“Dan sebagai salah satu contoh, yaitu melalui kegiatan ekskul pramuka di sekolah, dari kegiaatan ini siswa bisa belajar menjadi seorang pemimpin di hadapan teman-teman dan guru-gurunya. Karena dengan kegiatan ini siswa di latih untuk memiliki sikap disiplin, kemampuan kerja sama, mandiri, serta bertanggung jawab,” terangnya.

Dasar hukum mengenai hal itu, terdapat dalam UUD Tahun 1945 Pasal 31 Ayat (3) yang berbunyi : Pemerintah mengusahakan dan menyelesaikan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain itu, dalam Permendiknas Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan disebutkan, tujuan pembinaan kesiswaan antara lain menyiapkan siswa agar menjadi warga yang berakhlak mulia, demokratis, dan menghormati hak-hak asasi dalam rangka mewujudkan masyarakat madani.

Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa kegiatan ekskul yang merupakan bagian dari upaya melahirkan pribadi yang tak hanya cerdas, tetapi berkarakter baik dan memiliki peran penting dalam menumbuhkan karakter siswa.

“Saya berharap dengan melalui kegiatan ekskul yang ada di SMAN 1 Rawamerta ini siswa dapat menumbuhkan sikap cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab, memounya toleransi terhadap sesama, rela berkorban, displin, menghargai sesama, mampu bergotong royong, dan sebagainya,” harapnya.

Selain itu semoga siswa siswi bisa menyadari betapa pentingnya kegiatan ekskul, sehingga dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik demi menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan bertangungjawab. Begitupun pihak sekolah diharapkan mampu menyadari bahwa pentingnya mengadakan berbagai ekskul, karena ekskul tersebutlah yang mendukung terhadap perkembangan siswa,” pungkasnya.

(Red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *