Berita  

Program Revitalisasi Jalan Kalimalang Pemkab Bekasi Di Sambut Hangat Ketum LSM SNIPER Indonesia

Foto : Proyek Revitalisasi jalan Kalimalang Bekasi

BEKASI |Infokeadilan.com – Program Revitalisasi jalan Kalimalang oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi merupakan langkah yang sangat positif untuk memperbaiki infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten Bekasi, Sabtu (11/5/2024)

Menurut pandangan Ketua Umum LSM SNIPER Indonesia Gunawan, “tetapi program ini seharusnya tidak hanya berhenti pada peningkatan jalannya saja, tetapi juga harus melibatkan penataan sarana pendukung lainnya seperti jaringan irigasi dan lingkungan sekitar,” Ucapnya.

Lanjutnya, bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas jalan Kalimalang, pembenahan jaringan irigasi juga menjadi hal yang sangat penting. Hal ini akan membantu mengoptimalkan pengelolaan air di sekitar area jalan dan mencegah terjadinya banjir maupun genangan air. Selain itu, penataan tanggul dengan menggunakan sheetpile dapat memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap perubahan aliran sungai dan mencegah kerusakan jalan akibat dari banjir.” Tuturnya

Selain itu, menurut Mbah Goen bahwa penataan bangunan-bangunan yang berdiri di sepanjang jalur Kalimalang juga perlu diperhatikan. Dengan meratakan bangunan tersebut dan mengubahnya menjadi taman Ruang Terbuka Hijau (RTH), akan menciptakan lingkungan yang lebih sejuk dan asri serta meningkatkan kualitas udara di sekitar jalan Kalimalang.

“Langkah selanjutnya adalah perluasan revitalisasi jalan hingga ke pertigaan Cilampayan Cikarang Pusat dengan memperhatikan peningkatan tanggul irigasi sekunder. Pembangunan akses jalan kabupaten dengan memanfaatkan tanggul irigasi sebagai badan jalan akan membantu mengoptimalkan penggunaan lahan tanpa harus melakukan pengadaan tanah baru. Konsep ini bukan hanya akan memperluas jaringan akses jalan, tetapi juga dapat membantu pemerintah daerah untuk lebih efisien dalam mengalokasikan anggaran.

Foto : Gunawan SH Ketua Umum LSM SNIPER Indonesia

“Semua upaya ini tentu tidak akan terwujud tanpa dukungan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah daerah, kementerian terkait, maupun masyarakat sekitar. Dukungan dalam bentuk sumber daya manusia, teknologi, dan anggaran sangat diperlukan untuk meningkatkan efektivitas dan kesuksesan program revitalisasi jalan Kalimalang ini.

“Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan berhasil menciptakan lingkungan yang lebih teratur, aman, dan nyaman bagi masyarakat yang tinggal dan berkunjung di sekitar jalan Kalimalang. Selain itu, dengan memiliki ciri khas yang unik dan ramah lingkungan, Bekasi akan semakin menarik bagi wisatawan dan investor untuk datang dan berinvestasi di daerah tersebut, tambah paparan Mbah Goen.

“Secara keseluruhan, program revitalisasi jalan Kalimalang adalah langkah yang sangat positif dan perlu terus dilanjutkan dengan pengembangan dan peningkatan sarana pendukungnya. Dengan kolaborasi yang baik antara semua pihak terkait, diharapkan program ini akan membawa dampak yang positif dan signifikan bagi kemajuan Kabupaten Bekasi dan kesejahteraan masyarakatnya.”Tutupnya

 

 

•Wan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *