Resmi, Penandatanganan Kesepahaman Program Beasiswa Indonesia China Di Sepakati Disdikpora Dan SEAMOLEC

KARAWANG | INFOKEADILAN.COM | Bertempat di aula lantai 3 SMKN 1 Karawang puluhan Kepala Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan SMA dan SMK Negeri se-Kabupaten Karawang. Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang melaksanakan Penandatangan MoU atau Nota Kesepahaman dengan Asian Ministers of Education Organization ( SEAMEO) Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC), Rabu (24/1/2024)

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Karawang, Cecep Mulyawan, turut dihadiri pula oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan

Wilayah IV, Budi Hermawan, S.Pd., M., Phil,. SNE., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Drs.Wahyu Mijaya, SH., M.Si., Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Karawang Bidang, Dr. Eka Sanatha SE., Ketua MKKS Negeri SMA dan SMK, serta Narasumber dari SEAMOLEC.

Dalam sambutannya, Kepala Disdikpora Kabupaten Karawang, Cecep Mulyawan mengatakan, Sosialisasi Pemanfaatan Kerja Sama Indonesia dan China melalui Pemberian Beasiswa kepada Peserta Didik SMA/SMK di Kabupaten Karawang merupakan program beasiswa sebagai bentuk harmonisasi dan percepatan pembangunan sumber daya manusia (SDM), khususnya di Kabupaten Karawang. Sehingga peserta didik lulusan SMA dan SMK siap menghadapi persaingan pekerja asing yang terlatih.

“Kami berupaya agar 200 siswa – siswi kita dapat lolos dalam seleksi, sehingga bisa melanjutkan pendidikannya di Beijing University, agar mereka menjadi tenaga terampil dan profesional yang siap ditempatkan didunia kerja dan siap berdaya saing di dunia internasional,” tuturnya.

Selain mengapresiasi, Cecep Mulyawan pun berharap program beasiswa tersebut, dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar para peserta didik, dan terutama dapat menjadi solusi bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan.

Ditempat yang sama, Bupati Karawang, Aep Syaepulloh melalui Asisten Administrasi Umum Setda Karawang, Eka Sanatha mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada SEAMOLEC karena Kabupaten Karawang telah diberikan mendapatkan kuota sebanyak 200 orang.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, mengucapkan terima kasih, Semoga melalui program beasiswa ini, anak-anak Karawang yang diberikan kesempatan untuk memperoleh beasiswa atau belajar di Negeri China ini akan bisa mendongkak capaian kerja mutu hasil pendidikan di Kabupaten Karawang dan kami juga berharap kepada teman-teman kepala sekolah untuk bisa bersungguh-sungguh mempersiapkan anak-anak peserta didiknya, agar mereka memenuhi kualifikasi yang ditetapkan untuk diberangkatkan,” ujar Eka Sanatha.

“Ini akan jadi lompatan besar anak-anak Kabupaten karawang bisa bersekolah diluar negeri dan tentunya suatu kepercayaan di era globalisasi ini. Tentunya ini harus dimanfaatkan secara optimal,” ulasnya.

Sementara itu, Ketua MKKS SMA, Yunanto menyampaikan, program keseluruhan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) yang utama adalah meningkatkan kompetensi siswa dan guru.

Melalui program SEAMOLEC ini, Yunanto berharap, dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Karawang.

Pelatihan-pelatihan yang disiapkan oleh SEAMOLEC memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk mengembangkan kompetensi dan menerapkan inovasi-inovasi pembelajaran dalam proses pembelajaran mereka.

“Semoga lulusan Program Beasiswa SEAMOLEC menjadi lulusan yang siap menghadapi tantangan di masa depan,” pungkasnya.

 

 

•Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *