Berita  

Sepakat Kembangkan Ekonomi Kreatif, UBP Dan Ekraf Karawang Tandatangani MOU

KARAWANG | INFOKEADILAN.COM | Komite Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kabupaten Karawang melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Buana Perjuangan (UBP) pada Kamis, 5 Oktober 2023, acara yang diadakan di Aula Gedung Rektorat UBP tersebut merupakan upaya pembinaan sub sektor ekonomi kreatif dan UMKM di Kabupaten Karawang. Tampak hadir Rektor UBP Prof. Dr. Dedi Mulyadi beserta jajaran rektorat, Ketua Bappeda Dan Ketua Komite ekraf Rahmat Wiguna serta undangan dari pengusaha dan media.

UBP merupakan salah satu universitas di Kota Karawang yang memiliki perhatian dan kepedulian tinggi terhadap pengembangan ekonomi kreatif. Kerjasama antara UBP dengan pelaku ekraf dan UMKM Karawang berlangsung sejak tahun 2021.

Ketua Komite Ekraf, Rahmat Wiguna menyampaikan dalam sambutannya, dengan MoU ini implementasi real dapat segera dilakukan yaitu melalui PKS (Perjanjian Kerjasama), penyusunan Big Data Ekonomi Kreatif Daerah.

“Kita berharap Karawang memiliki big data yang otentik dan lengkap untuk semua sektor perkembangan dan pelaku ekraf dan UMKM. Sehingga semua bisa berjalan rapi, terencana, terorganisir dan terukur”. Jelas Ketua Komite.

“Selain memiliki data, pembinaan kepada para pelaku Ekraf dan UMKM juga dilakukan. Disinilah kerja kami dengan UBP,” tegas Kang Rahmat

Kabupaten Karawang bertekat gerak cepat untuk pengembangan dan pelaksanaan ekraf di semua sektor, regulasi dan semua jajaran dinas di Kabupaten Karawang mendukung penuh program-program yang akan diluncurkan komite ekraf.
Karawang bukan yang pertama di Jawa Barat dalam pengembangan ekraf tapi kami bertekad akan gerak cepat, Pemda Karawang akan mendukung dan mendorong semua program-program komite baik dari sisi regulasi ataupun dukungan yang lainnya”, Jelas Kepala Bapedda Karawang dalam sambutannya

Rektor UBP mengutarakan rasa syukur dan bahagianya karena UBP dapat menjadi mitra Ekraf dalam usaha memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki peluang besar dalam mendongkrak perekonomian ke arah yang lebih baik. Dan melalui kerja sama ini, ia berharap agar UBP sebagai institusi pendidikan turut memberikan ide, inovasi, dan pendampingan bagi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif”, tutup Prof Dedi Mulyadi

 

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *