SMAN 1 Rawamerta Karawang Buka Program BKK Bagi Siswa Alumni

KARAWANG | INFOKEADILAN.COM | Seperti di ketahui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menyiapkan SDM yang unggul, handal, dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Namun kini tak ingin ketinggalan guna mendukung hal tersebut, siswa lulusan dari SMAN 1 Rawamerta Karawang membuka program Bursa Kerja Khusus (BKK) sebagai sarana untuk memudahkan mereka dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan skills yang telah diperoleh di jenjang pendidikan menengah, dan sinilah peran penting Bursa Kerja Khusus (BKK).

Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah sebuah wadah yang disediakan oleh pemerintah atau institusi pendidikan untuk membantu siswa lulusan pendidikan menengah dalam mencari dan menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan kemampuan yang dimilikinya. Selain itu BKK juga berfungsi sebagai salah satu perantara antara perusahaan dengan calon pekerja.
Karena di dalam BKK itu sendiri siswa dapat mengakses informasi tentang lowongan kerja, peluang magang, dan juga pelatihan yang relevan dengan bidang yang diminati, pasalnya BKK merupakan sebuah solusi untuk meningkatkan kesempatan kerja bagi siswa lulusan sekolah menengah atau kejuruan.

Dengan adanya BKK siswa akan dapat lebih mudah mengakses informasi tentang lowongan pekerjaan di berbagai perusahaan, tanpa harus mencari informasi tersebut secara manual. Selain itu, BKK juga memberikan pelatihan dan bimbingan dalam mencari pekerjaan, seperti membuat surat lamaran kerja, membuat CV, dan menghadapi wawancara kerja.

Omat Iskandar selaku humas di SMAN 1 Rawamerta mengungkapkan perihal program BKK yang ada di SMAN 1 Rawamerta.

“Alhamdulillah BKK SMA 1 Rawamerta berdiri sejak bulan Juli Tahun 2022 sampai sekarang berarti sudah hampir 1 tahun. Di dalam perjalanannya selama 1 tahun itu, Alhamdulilah sudah beberapa kali melaksanakan tes perekrutan karyawan khususnya karyawan untuk PT Yamaha” ucapnya.

Terkait perusahaan yang sudah menjalin kerjasama dengan BKK SMAN 1 Rawamerta menurut Omat Iskandar bahwa pihaknya sudah bekerjasama dengan beberapa PT, diantaranya PT Yamaha 1, Yamaha 2, PT JVC kemudian PT Sharp dan PT Hitachi serta Alfamart.

“Alhamdulillah dengan adanya BKK sekolah bisa terbantu khususnya alumni yang keluar atau lulus dari SMAN 1 Rawamerta yang tidak bisa melanjutkan kuliah mereka disalurkan melalui jalur BKK untuk ke dunia kerja. Dan Alhamdulillah banyak sudah yang terserap, bahkan ada yang sudah bekerja di Perusahaan tersebut,” terangnya.

Saat di singgung terkait tentang kenapa ada BKK di SMAN 1 Rawamerta Omat Iskandar mengatakan, ” BKK biasanya ada SMK ya kan ? asal mulanya kami terdorong karena keprihatinan masyarakat khususnya anak usia produktif yakni lulusan sekolah tingkat menengah atau kejuruan di sekitar sini yang sulit untuk daftar kerja, akhirnya kami berinisiatif agar di sekolah SMAN 1 Rawamerta untuk mendirikan BKK dan Alhamdulillah pada saat itu diizinkan. Maka sejak saat itulah kami ini bahu membahu bersama dengan keluarga besar SMA 1 Rawamerta untuk go publik. Untuk itu agar BKK yang ada di SMAN 1 Rawamerta selalu kami sebarkan melalui Instagram, Facebook dan Twiter,” ungkapnya.

Harapan saya ke depan SMA Negeri 1 Rawamerta dengan adanya BKK tidak lagi dipandang sebelah mata, artinya ternyata di SMAN 1 Rawamerta yang ada di kampung yang jauh di Mato ternyata bisa eksis ketika ada BKK, nah Alhamdulillah sekarang sudah terpetik murid kami setiap tahun ajaran baru selalu bertambah dan bertambah. Dan saat ini Insya Allah akan didukung dengan prasarana gedung yang cukup presentatif.

Dan Insya Alloh untuk persyaratan di BKK SMAN 1 Rawamerta tidak akan terlalu sulit, hanya saja nanti harus daftar sebagai member, dan mempunyai NPWP, dan Vaksin Booster ke tiga. Untuk persyaratan lainya bisa menyusul,” pungkasnya.

(U.Spryd/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *