SMAN 1 Rawamerta Laksanakan Pemilihan Ketua OSIS Dan MPK Secara Demokrasi 

KARAWANG | INFOKEADILAN.COM | SMA Negeri I Rawamerta Karawang menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dan MPK masa bakti 2023/2024 secara demokrasi. Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS ini merupakan salah satu momen penting bagi sekolah, di mana seluruh siswa-siswi memiliki kesempatan untuk memilih pemimpin baru yang akan mewakili mereka dalam Organisasi Siswa, Senin (9/10/2023)

Kegiatan ini dilakukan dengan sistem pemungutan suara atau secara demokrasi oleh seluruh warga sekolah secara terbuka di halaman SMA Negeri I Rawamerta Karawang. Kegiatan yang di mulai pukul 07.00 WIB ini berlangsung dengan tertib dan lancar, antusiasme terlihat dari para guru dan peserta didik saat pemilihan berlangsung.

Dalam kegiatan pemilihan tersebut saat ini terdapat dua pasangan calon kandidat. Kedua pasangan calon kandidat ketua dan wakil ketua OSIS tersebut terlihat sangat bersemangat, hal ini ditunjukkan keikut sertaan dari awal proses pemungutan suara sampai dengan selesainya proses MPK di laksanakan.

Kepala Sekolah SMAN 1 Rawamerta Epul Saepul saat di temui awak media mengatakan, SMAN 1 Rawamerta hari ini melaksanakan pesta demokrasi di sekolah, yaitu pemilihan ketua dan wakil ketua MPK dan OSIS. Ada dua pasang calon ketua dan wakil ketua untuk ke posisi MPK, dan ada tiga pasang calon ketua dan wakil ketua untuk OSIS. Sebelum dipilih menjadi ketua calon wakil ketua. Kami melakukan serangkaian kegiatan salah satunya ada seleksi administrasi, tes tulis dan juga wawancara.” Ucapnya.

Lebih lanjut Kepsek menjelaskan, kemarin pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu mereka melakukan latihan kepemimpinan siswa yang dilaksanakan di sekolah dan di luar sekolah. Adapun yang di laksanakan adalah serangkaian materi, yakni kepemimpinan organisasi manajemen dan pengembangan diri yang dilakukan dilaksanakan di luar sekolah yaitu di Villa Panorama Loji dengan peserta sekitar 60 peserta yang di ikut sertakan.

Dalam kegiatan latihan kepemimpinan siswa itu salah satunya mempersiapkan untuk menjadi Para pengurus MPK OSIS dan ekstrakurikuler.” Ungkapnya.

“Para peserta yang ikut pada kegiatan tersebut yang nantinya terpilih sebagai ketua MPK dan ketua OSIS serta para pengurus lainya mempunyai bekal untuk mengurus organisasinya itu sendiri.” Jelasnya

Menurut Kepsek sebelum pelatihan pemilihan di laksanakan, peserta di berikan evaluasi dengan kegiatan debat calon ketua dan wakil ketua MPK dan OSIS, yang bertujuan untuk menguji secara terbuka baik menyampaikan visi misi, gagasan atau ide dan juga menjawab pertanyaan dari seluruh warga sekolah yang mengajukan pertanyaan.

Pada sesi kegiatan tersebut Kepala Sekolah mengajukan pertanyaan kepada para calon tentang bagaimana kedudukan MPK dan OSIS dalam rangka membantu terlaksananya program sekolah.

Dari pertanyaan yang di berikan tersebut mereka mempunyai jawaban dan gagasan yang berbeda-beda, tetapi itu menjadi dasar bahwa kita bisa menentukan siapa calon ketua yang akan datang, tentunya yang mepunyai ide dan gagasan yang sangat kreatif.” Pungkasnya.

Harapanya ke depan SMAN 1 Rawamerta Karawang memiliki para pemimpin dari OSIS dan MPK yang manajemen kepemimpinanya lebih baik lagi. Dan untuk selanjutnya nanti kita mempersiapkan calon pemimpin masa depan yang tangguh untuk mencapai target yang sudah menjadi tujuan dari sekolah SMAN 1 Rawamerta, terima kasih.” Tutupnya.

 

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *