SMKN 2 Karawang Miliki Dua Program Kegiatan Unggulan

KARAWANG | INFOKEADILAN.COM | Di ketahui program Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di setiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga ke jenjang sekolah Lanjutan yakni SMPN/SMPS, SMKN/SMKS maupun SMAN merupakan salah satu program wajib yang harus di laksanakan oleh setiap sekolah.

Seperti halnya yang di lakukan oleh SMKN 2 Karawang, selain melaksanakan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sisi lain SMKN 2 Karawang juga mempunyai kegiatan program-program unggulan dan kegiatan ekstrakurikuler yang di terapkan kepada seluruh siswa siswi di setiap hari yang sudah di tentukan jadwal kegiatanya.

Susi selaku Wakil Ketua Hubinmas SMKN 2 Karawang saat di temui awak media pada jam istirahat di ruanganya memaparkan, bahwa yang paling utama dan penting di lingkungan Sekolah itu adalah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

“Di setiap sekolah mulai dari SD hinggak SMK atau SMA itu jelas yang paling utama itu adalah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dan di SMKN 2 Karawang sendiri mulai hari Senin sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di lakukan selalu melaksanakan upacara bendera yang wajib di lakukan, dan dalam setiap sesi upacara bendera tersebut kami selalu menginformasikan terkait peraturan tata tertib sekolah yang harus di patuhi dan selalu menginformasikan tentang bahayanya perilaku kenakalan remaja, selain itu kami juga selalu menginformasikan tentang siswa-siswa yang berprestasi, di samping itu setelah selesai upacara bendera kami juga menerapkan pelatihan uji mental terhadap siswa yakni dengan berpidato menggunakan bahasa inggris di depan teman-temanya program ini kami sebut “Speak In English”. Ujarnya kepada awak media, Rabu (6/9/2023)

“Kemudian untuk aktivitas di hari Kamis biasa kami laksanakan kegiatan literasi dan memang berbeda, karena yang lain itu di hari Jum’at. Jadi untuk program literasi ini memang kami terapkan di hari Kamis. Sedangkan untuk di hari Jum’at nya kami terapkan program kegiatan Market Day, dan kegiatan Almatsurah yakni pembacaan do’a atau dzikir bersama di saat sore hari sebelum siswa pulang di halaman sekolah. Kegiatan Almatsurah ini di lakukan setiap satu bulan sekali di setiap hari Jum’at. Kemudian dalam setiap harinya kami juga ada program penyambutan siswa yang di lakukan oleh guru pengajar di setiap pagi hari sebelum jam pelajaran di mulai yakni di jam 06.15 WIB.” Paparnya.

“Selanjutnya untuk kegiatan ekstra kulikuler yang di mulai dari hari Senin sampai dengan hari Jum’at kami sudah jadwalkan sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di mulai yakni pembacaan do’a dan dzikir bersama di setiap pagi. Dan khusus di hari Jum’at nya ada pembacaan Almatsurah yang di lakukan di halaman sekolah secara bersama-sama setelah selesai melaksanakan pembiasaan Sholat dhuha satu kali dalam sebulan. Kemudian kegiatan ekstrakurikuler lainnya yaitu seni tari ada seni tari jaipong, basket ball, PMR, Pramuka, Paskibra, futsal dan lain sebagainya.

“Dan untuk kegiatan tambahan sekarang yang rutin dalam setiap hari Senin selesai upacara bendera yaitu latihan untuk uji mental bagi siswa yakni berpidato dengan bahasa Inggris atau Speak In English tadi, karena itu memang kami anggap sebagai program kegiatan yang wajib untuk siswa guna melatih sejauh mana perkembanganya dalam berbahasa ingggris. Dan satu lagi program unggulan kami disini yaitu Almatsurah atau pembacaan do’a dan dzikir bersama setiap pagi sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai, karena dua program tersebut merupakan dua program unggulan di SMKN 2 Karawang ini.” Ungkapnya

Kami atas nama pihak sekolah tentunya berharap kedepan dengan adanya kegiatan yang kami siapkan ini menjadi bekal dan motivasi untuk dapat terus berprestasi. Karena prestasi-prestasi di luar pelajaran itu memang merupakan salah satu yang mengantarkan anak meraih kesuksesan bagi mereka sendiri.
Dan khususnya kepada semua siswa-siswa belajarlah dengan lebih giat lagi, raih kesuksesan dengan memupuk skil dan kemampuan sejak dini, baik dalam bidang ilah raga, sains, teknologi, bahasa ataupun teknologi digitalisasi tentunya dengan keterampilan yang dimiliki, dan jangan lupa harus bisa terus berperilaku positif.” Pungkasnya.

 

(U.S/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *