Tingkatkan Kedisiplinan Siswa, SMAN 4 Karawang Terapkan Program Sambut Siswa Pagi Hari

KARAWANG | INFOKEADILAN.COM | Seperti di ketahui saat ini banyak sekolah yang menerapkan jam-jam tambahan kegiatan di sekolah, seperti ekstrakulikuler dan les.

Kegiatan ekstrakulikuler dapat meningkatkan kecerdasan.
Dengan kegiatan ekstrakulikuler siswa dapat bertambah wawasan mengenai mata pelajaran yang erat kaitannya dengan pelajaran diruang kelas, dan biasanya yang membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler adalah guru bidang studi yang bersangkutan.

Melalui kegiatan ekstrakulikuler juga siswa dapat menyalurkan bakat, minat dan potensi yang dimiliki. Biasanya siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler akan terampil dalam berorganisasi, mengelola, memecahkan masalah sesuai karakteristik ekstrakulikuler yang digeluti.

Seperti halnya yang di lakukan di lingkungan SMAN 4 Karawang bukan hanya menerapkan kegiatan ektrakurikuler saja bagi siswa, akan tetapi untuk lebih meningkatkan kedisiplinan dalam hal kehadiran siswa, SMAN 4 Karawang juga menerapkan kegiatan rutin di setiap pagi, kegiatan tersebut adalah “Menyambut siswa di Pagi hari” yang di lakukan oleh seluruh guru dan dewan guru dan Kepala Sekolah untuk menyambut kehadiran siswa dengan cara berdiri dan berjabat tangan kepada siswa sebelum pembelajaran di mulai, Rabu (16/8/2023)

Joko selaku Humas di SMAN 4 Karawang saat di temui awak media di ruanganya mengatakan, “kegiatan siswa di lingkungan SMAN 4 Karawang bukan hanya di isi oleh kegiatan ektrakurikuler saja, akan tetapi ada program yang rutin di lakukan dalam setiap hari di saat pagi hari, kegiatan tersebut adalah “Menyambut siswa di pagi hari,” terangnya.

“Selain itu menurutnya,” Upaya ini sebagai bentuk motivasi kepada siswa untuk tetap semangat belajar, sekaligus memberikan contoh kepada seluruh warga SMAN 4 Karawang agar disiplin dan tepat waktu, displin kerja, bersikap ramah, dan penuh rasa kekeluargaan,” ungkapnya.

Selain kegiatan rutin menyambut siswa di pagi hari SMAN 4 Karawang juga menerapkan program kegiatan yang di isi di setiap hari Jum’at. Kegiatan tersebut di antaranya ;
Jumat pertama di isi dengan kegiatan sholat Dhuha bersama, yang di lakukan sebelum kegiatan belajar mengajar di mulai.
Jumat kedua di isi dengan kegiatan Literasi siswa.
Kegiatan Literasi tersebut adalah, siswa diajak untuk senang membaca buku, apapun itu bukunya. Bisa buku cerita, buku novel, buku artikel dan lain-lain.
Setelah beberapa menit membaca, kita berikan kepada siswa untuk menceritakan kembali inti dari apa yang sudah dibaca.

Dengan bimbingan guru, kita tegaskan kembali hal-hal positif apa yang harus dilakukan oleh siswa.
Setelah itu, diberikan kesempatan kepada siswa, untuk menampilkan kebolehan yang lain untuk menumbuhkan rasa percaya diri nya, mungkin dengan menyumbangkan lagu, atau keterampilan lainya. Adapun waktu yang digunakanya 1 jam pelajaran sebelum belajar di kelas,” pungkasnya.

Untuk Jumat ke tiga, di isi dengan kegiatan senam kesehatan secara bersama-sama antara guru dan seluruh siswa.
Dan pada Jumat ke empat, di isi dengan kegiatan Jum’at Bersih (Jumsih) kebersihan lingkungan yakni dengan membersihkan sampah-sampah yang ada di sekitar lingkungan SMAN 4 Karawang untuk membiasakan hidup bersih”. tutupnya.

 

(U.S/Red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *